Tips Agar Cepat Naik Gaji dan Cepat Promosi

Jika Anda saat menjadi seoang karyawan, berikut akan saya sampaikan beberapa cara jitu agar Anda cepat naik gaji dan cepat dipromosikan untuk jabatan yang lebih tinggi. Saya menulis pedoman ini dari perspektif seorang pimpinan usaha.
Jika Anda menerapkan cara-cara ini saya sangat yakin gaji Anda akan cepat naik dan Anda akan dipromosikan untuk jabatan yang lebih tinggi. Dan sebaliknya, jika Anda tidak menerapkannya, karir Anda akan terancam
Beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya untuk menaikkan gaji dan mempromosikan orang antara lain :
  1. Semangat Bekerja
Saat merekrut tenaga kerja, seorang pimpinan akan melihat seberapa semangat dia dalam bekerja. Masalah skill (keahlian) biasanya dinomor duakan. Skill memang penting dalam dunia kerja. Tetapi skill yang tidak dibarengi dengan semangat dalam bekerja, tidak akan menghasilkan prestasi Karena itu, bersemangatlah dalam bekerja. Dan tunjukkan semangat Anda kepada pimpinan. Pasti pimpinan Anda akan senang
  1. Disiplin
Disiplin adalah modal dasar seorang karyawan. Seorang pimpinan perusahaan merekrut Anda tujuannya adalah untuk membeli waktu dan energy Anda agar bisnisnya semakin berkembang. Jika Anda tidak disiplin dalam bekerja, pimpinan Anda pasti akan pikir-pikir. Jangankan menambah gaji atau mempromosikan, yang ada dalam benaknya hanya bagaimana memecat Anda Disiplin adalah standart dasar seorang karyawan sukses. Datanglah sebelum jam kerja dimulai. Pulanglah setelah jam kerja usai. Jangan ‘bolos’ kerja atau sering tidak masuk. Semua perbuatan Anda ada akibatnya bagi diri Anda.
  1. Jujur
Kejujuran dimanapun sangat penting, apalagi di tempat kerja. Lindungi harta benda perusahaan Anda. Anda akan sangat dihargai pimpinan Anda jika kejujuran melekat dalam keseharian Anda. Bos Anda akan sangat senang.
  1. Berpikir seperti CEO
Berpikirlah seperti seorang CEO atau pimpinan perusahaan. Apa yang dipikirkan mereka ? Seorang pimpinan perusahaan sehari-hari memikirkan antara lain :
  • Bagaimana omset dan profit perusahaan meningkat
  • Bagaimana semua karyawan bisa bekerja maksimal
  • Bagaimana sebuah sistim bisnis menjadi lebih efisien
  • Bagaimana cara meminimalkan komplain
  • Bagaimana cara perusahaan cepat bertumbuh
  • Dan sebagainya
Jika Anda berpikir seperti pimpinan perusahaan, niscaya Anda akan lebih berkembang dan kreatif dan sejalan dengan keinginan pimpinan. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan pimpinan perusahaan saat ini. Tanyakan kepadanya, dan bantu ia untuk mencapainya.
  1. Mempunyai nilai tambah (value added)
Pertanyaan penting yang harus Anda renungi setiap saat adalah “Apakah pekerjaan yang saya lakukan saat ini bisa digantikan orang lain ?”
Jika jawabannya “YA”, maka pekerjaan yang Anda lakukan selama ini memiliki standart “BIASA”. Dan Anda sewaktu-waktu bisa dipecat oleh bos Anda. Karena Anda tidak memiliki nilai tambah dibandingkan dengan yang lain.
Jika pekerjaan yang Anda lakukan saat ini TIDAK dapat digantikan oleh orang lain, berarti Anda mempunyai nilai tambah. Kalau Anda mempunyai nilai tambah, pimpinan Anda akan saying sekali dengan Anda. Pimpinan Anda akan kesulitan mencari pengganti Anda. Dan pasti gaji Anda akan naik dan dipromosikan
Lakukan pekerjaan Anda saat ini dengan lebih baik lagi yang tidak semua orang, selain Anda, bisa melakukannya
  1. Berprestasi dan dilakukan berulang-ulang
Berprestasi dalam pekerjaan maksudnya adalah Anda melakukan pekerjaan Anda melebihi dari apa yang menjadi tuntutan perusahaan. Anda melakukan pekerjaan lebih dari yang menjadi standart perusahaan. Dan Anda melakukannya terus menerus. Sehingga Anda dilingkungan kerja dikenal sebagai karyawan yang sangat baik.
Misalnya, Anda saat ini adalah manager keuangan yang dituntut oleh pimpinan Anda untuk melaporkan keuangan di akhir bulan. Sebagai karyawan yang berprestasi, Anda tidak hanya melaporkan keuangan bulanan. Berikan juga laporan-laporan lain yang memudahkan pimpinan untuk membangun strategi bisnis Walaupun hal tersebut tidak diminta oleh pimpinan. Dan lakukan hal itu terus menerus.
  1. Memiliki sikap yang baik
Sikap-sikap dan akhlaq yang baik harus dimiliki seorang karyawan sukses. Ingat selalu, skill yang tinggi tidak ada harganya di hadapan pimpinan perusahaan, jika tidak dibarengi dengan sikap (attitude) yang baik. Jagalah semangat Anda, jangan menyalahkan orang lain, jangan lari dari tanggung jawab, jangan cari-cari alasan atas kesalahan yang Anda lakukan dan bersikaplah profesional
Itulah beberapa tips bagaimana seorang karyawan bisa cepat naik gaji dan cepat pula dipromosikan untu jabatan yang lebih tinggi(alarief.com)
---------------------

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar